Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan


Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan
Tak disangka ternyata buah pisang sejak dulu telah digunakan sebagai suplemen alami penambah energi para atlet tenis dunia.  Ya benar, pisang sering dihidangkan sebagai camilan sehat bagi par atlet.  Pisang pun sering dijadikan hidangan pembuka atau hidangan penutup dalam sebuah jamuan.  Kandungan nutrisi pada buah pisang sangat mudah dan cepat untuk diserap oleh tubuh untuk kemudian diproses melalui proses metabolisme hingga menjadi energi.  Buah pisang mengandung cukup banyak jenis nutrisi.  Sebut saja mineral, karbohidrat, vitamin, serat, lemak, protein dan masih banyak lainnya.  Kandungan gizinya yang lengkap ini menjadikan pisang sebagai buah yang direkomendasikan untuk Anda yang sedang diet.  Satu buah pisang cukup mengenyangkan dan yang pasti, minimal buah pisang yang dikonsumsi telah memenuhi asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh.
Memilih Pisang Yang Tepat
Sangat disarankan bagi Anda yang gemar mengkonsumsi buah pisang, pilihlah pisang dengan kualitas terbaik.  Kualitas dapat dilihat dari tampilannya. Pilihlah buah pisang yang sudah matang.  Memang buah pisang cukup banyak jenisnya, umumnya buah pisang berwarna kuning apabila sudah matang.  Pisang yang nikmat untuk dikonsumsi adalah pisang yang berkulit hijau agak kekuningan.   Biasanya kulit pisang juga terdapat titik-titik kuning atau cokelat, buah pisang dengan ciri-ciri di atas akan dicerna secara sempurna oleh tubuh kandungan gula pada buah pisang juga cepat diserap dan disalurkan ke seluruh tubuh melalui darah dalam pembuluh darah dan gula pada buah pisang adalah gula alami yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.  Sebaliknya, buah pisang yang masih mentah akan sulit dicerna oleh tubuh sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi.
Beberapa Manfaat Buah Pisang
Lantas, apa saja manfaat buah pisang bagi kesehatan? Berikut informasinya.
a.                   Sumber energi
Buah pisang adalah salah satu sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Energi yang diproduksi oleh buah pisang berasal dari gula alami dalam buah pisang.  Energi dalam tubuh kemudian dimanfaatkan untuk meningkatkan fungsi dan kinerja otot serta menghilangkan rasa lelah yang dirasakan oleh tubuh.
b.                  Sangat baik untuk perkembangan janin pada ibu hamil
Asam folat sangat baik untuk perkembangan otak janin dalam rahim. Kandungan asam folat pada buah pisang cukup banyak sehingga buah pisang termasuk buah yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Akan tetapi sebaiknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi buah pisang karena jumlah kalori pada buah pisang cukup tinggi.
c.                   Mengatasi anemia
Salah satu kandungan zat baik yang terdapat pada buah pisang adalah zat besi.  Zat besi sangat baik bagi penderita anemia.  Cukup mengkonsumsi dua buah pisang setiap harinya,  kebutuhan tubuh akan zat besi akan terpenuhi dengan baik.
d.                  Mengatasi gangguan/ penyakit pada perut dan usus
Buah pisang yang dicampur dengan susu bisa anda jadikan kudapan yang sangat lezat.  Ternyata kudapan ini juga bermanfaat untuk mengobati gangguan pada perut dan usus.  Tak hanya itu saja, pisang juga dapat meredakan gangguan lambung akibat asam lambung yang tinggi.  Buah pisang juga berperan sebagai antiinflamasi berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi.   Buah pisang mampu mengubah bacillus yang sifatnya berbahaya menjadi bakteri bacillus yang bermanfaat.
e.                   Mengobati lever
Anda menderita penyakit lever? Cukup dengan buah pisang setiap hari, perlahan-lahan penyakit lever Anda akan mereda.  Caranya konsumsi buah pisang sebanyak dua buah plus madu murni.  Resep ini dapat menambah nafsu makan Anda sehingga Anda akan jauh lebih kuat.
f.                   Meredakan dan menyembuhkan luka bakar
Ada pisang jenis tertentu yang ampuh menormalkan kadar gula dalam darah. Pisang Goroho dari Gorontalo Provinsi Sulawesi Utara.  Pisang Goroho yang masih  mentang dikukus kemudian dicampur dengan daging kelapa muda yang diparut.  Lakukan treatmen ini secara teratur, maka pelan namun pasti gula darah akan stabil.
g.                  Pisang untuk kesehatan dan kecantikan kulit
Buah pisang yang dihancurkan lalu dicampurkan dengan madu dan susu dapat dijadikan masker alami untuk wajah.  Oleskan campuran madu, susu, dan pisang pada seluruh bagian wajah kecuali sekitar,mata dan mulut.  Diamkan kurang lebih 30 menit atau hingga masker mengering. Bersihkan wajah dengan air hangat lalu bilas kembali dengan es.  Lakukan treatmen ini secara teratur. Kulit wajah pun akan terasa halus, lembut, dan bercahaya.
h.                  Melangsingkan tubuh
Buah pisang juga memiliki peran penting untuk menurunkan berat badan. Buah pisang terbukti dapat menurunkan berat badan.  Caranya, konsumsi empat buah pisang dan empat gelas susu bebas lemak selama tiga hari setiap minggunya. Jumlah kalori resep di atas hanya 1250 saja. Imbangi diet pisang ini dengan asupan nutrisi lain agar diet hasilnya optimal.
i.                    Menambah berat badan
Nah, bagi Anda yang ingin menambah berat badan, Anda bisa mencoba resep yang satu ini.  Campurkan buah pisang dan susu bebas lemak kemudian dihaluskan hingga tercampur rata lalu campurkan lagi banana milk shake dengan kacang polong, buah-buahan dan madu. 


Sumber : https://pulauherbal.com/jurnal/2066-manfaat-buah-pisang.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perencanaan Program Penyuluhan Model Lawrence (Mardikanto : 1993)

BUDIDAYA TANAMAN ANGGREK PHALAENOPSIS DENGAN MEDIA TANAM ARANG KAYU DIKOMBINASIKAN DENGAN SABUT KELAPA

Biji Alpukat Jaga Hati